Sunday, April 11, 2010

Tweet di Twitter Bisa Prediksi Film Ngetop

[caption id="" align="alignleft" width="120" caption=" "]Logo Twitter[/caption]

Ternyata, tingkat ketenaran dan pendapatan yang akan diperoleh sebuah film dapat diprediksikan sebelum film tersebut diluncurkan. Begitu paling tidak menurut sebuah penelitian. Bahkan menurut penelitian tersebut, angka perkiraan berdasarkan kicauan-kicauan aka tweet di Twitter bisa sangat mendekati kenyataann yang ada.

*




[caption id="" align="aligncenter" width="540" caption="Screenshot film Avatar"]Screenshot film Avatar[/caption]
Micro-blogging service Twitter dapat digunakan untuk memprediksi pendapatan box-office film blockbuster masa depan, menurut para peneliti di Hewlett Packard (HP).

Para ilmuwan komputer mempelajari 3 juta pesan - dikenal sebagai tweets - sekitar 25 film, termasuk Avatar.

Mereka menemukan tingkat di mana pesan yang dihasilkan dapat digunakan untuk memprediksi secara akurat pendapatan sebuah film box office sebelum diluncurkan.

Analisis lebih lanjut pada isi pesan bisa memprediksi kelanjutan sukses film tersebut.

"Prediksi kami yang sangat dekat", Bernardo Huberman, kepala laboratorium komputasi sosial di HP, mengatakan kepada BBC News.

Sebagai contoh, katanya, sistem tersebut diperkirakan bahwa film zombie The Crazies akan mendapat $ 16.8m di akhir pekan pertama di AS. Pendapatan sebenarnya adalah $ 16.06m.

Tim memperkirakan film drama romantis Dear John akan kemungkinan mengambil $ 30.71m di akhir pekan pertama di AS. Kenyataannya adalah sebesar $ 30.46m.

Penelitian yang tidak dipublikasikan telah diposting di situs Web Arxiv.

Baca kelanjutannya ulasannya di BBC aja ya, lagi males terjemahinnya :lol:

BTW, kalo penelitian itu memang untuk prediksi film di Amerika sana. Kalau di sini? Mmm... keknya Twitter masih kalah sama Facebook.

*


Berkicaulah wahai burung :lol:

.

No comments:

Post a Comment