Monday, April 12, 2010

[TUTORIAL] Sembunyikan Icon Quick Edit di Blogger

[caption id="" align="alignleft" width="126" caption=" "]blogger-logo-tb.png[/caption]

Secara default, link atau tombol shortcut berupa ikon bergambar pensil (quick-edit-blogger-pensil.png) dan kunci inggris plus obeng(quick-edit-blogger-kunci-obeng.png) akan muncul pada blog di Blogger/Blogspot ketika admin/user blog tersebut sedang dalam kondisi login. Icon tersebut terlihat di setiap artikel/post dan juga pada setiap widget/gadget, yang gunanya untuk memudahkan pemilik blog secara cepat bisa melakukan editing baik untuk edit artikel mau pun edit widget.

Buat sebagian penggunanya, icon Quick Edit justru malah dianggap mengganggu, karena memperjelek tampilan blog, sehingga malah ingin dihilangkan. Apalagi buat yang suka memandangi/mengagumi penampilan blognya sendiri saat masih login :lol:

Berikut ini sedikit tutorial cara mudah untuk menyembunyikan icon shortcut Quick Edit di Blogger.

*





[caption id="" align="aligncenter" width="540" caption=" "]sembunyikan-quick-edit-blogger-sc.png[/caption]

1. Cara Cepat


Cara cepat ini adalah dengan menambahkan kode CSS pada template blog. Untuk melakukannya, silahkan masuk ke Dashboard ==> Layout ==> Edit HTML. Selanjutnya, pada kotak text area, carilah kode ]]></b:skin>, dan di atasnya masukkan kode ini:
.icon-action { display: none; }
.quickedit { display: none; }

Preview dulu hasil perubahannya, kalau sudah oke silahkan klik tombol SAVE. Sebagai info, kode .icon-action adalah untuk menyembunyikan icon pensil (quick edit artikel), sedangkan kode .quickedit adalah untuk menyembunyikan icon kunci/obeng di widget. Atau bisa digabungkan menjadi satu kode yaitu:

.quickedit, .icon-action { display: none; }

*



2. Cara Repot :)


Cara ini memang sedikit repot, karena perlu melakukan perubahan setting dan juga menambahkan beberapa kode HTML. Ada dua tahapan yang harus dilakukan yaitu:

Pertama


Untuk menyembunyikan icon pensil di setiap post, pilih salah satu saja dari dua cara ini:

  • Masuk ke tab Setting ==> Basic, lalu cari pilihan "Show Quick Editing on Your Blog?", pilih "No", lalu klik SAVE, atau:

  • Masuk ke tab Layout ==> Page Elements, lalu pada bagian "Blog Post" klik "Edit", dan hilangkan centang "Show Quick Editing", lalu SAVE.


Kedua


Pada tab Layout, masuk ke mode Edit HTML, lalu centang pilihan Expand your Widget Templates. Selanjutnya cari kode-kode <b:include name='quickedit'/>. Kode tersebut adalah kode untuk menampilkan icon kunci/obeng pada setiap widget. Dan untuk menghilangkan icon itu, gantilah setiap kode tersebut menjadi:
<!-- <b:include name='quickedit'/> -->

Walaupun cara ini repot, tapi sebenarnya ini lebih baik karena bukan sekedar menyembunyikan gambar icon (iconnya tetap saja diload oleh browser), tapi menonaktifkan kode yang tidak perlu (browser tidak melakukan loading image), sehingga mempercepat loading halaman. Tapi beda kecepatannya nggak terlalu signifikan sih, karena imagenya kecil :)

*


Rapih :D

.

6 comments:

  1. thanks bos infonya bagus baged 8)

    ReplyDelete
  2. Wah, tutorial manteb sebenarnya 8) . Tapi kalau saya sepertinya kurang manfaat menghilangkan beginian :twisted: , malah kadang butuh waktu edit2 template blog. Makasih... :wink:

    ReplyDelete
  3. mantap mas! dah dicoba dan hasilnya sip banget. ditunggu update2 selanjutnya.http://inimu.com/komputer/wp-includes/images/smilies/icon_biggrin.gif

    ReplyDelete
  4. kalo mau nampilin iconnya gimana sob?
    soalnya punya ane mau sy tampilin

    ReplyDelete
  5. makasih inimu, udah bagi ilmunya, sukses ya 8)

    ReplyDelete
  6. Terimakasih artikelnya bagus :-D

    ReplyDelete