Wednesday, April 21, 2010

Cara Tercepat Membuat dan Publikasikan Halaman Web

[caption id="" align="alignleft" width="125" caption=" "]logo-posterous.png[/caption]

Saat ini, relatif cukup mudah untuk membuat sebuah halaman web. Cara yang paling banyak dipakai adalah dengan membuat situs blog dengan mendaftar pada berbagai layanan blog gratis seperti Blogger, Wordpress.com, Multiply, dan lain sebagainya. Setelah terdaftar menjadi pengguna layanan blogging itu, maka kita bisa langsung membuat sebuah halaman web.

Tapi kalau cuma untuk membuat sebuah halaman web (diulang: sebuah halaman web, bukan situs web/blog) ada cara yang lebih cepat, praktis dan sangat instan, yaitu cukup dengan mengirim email ke situs Posterous.

Tanpa perlu daftar, cukup dengan hanya mengirim email ke alamat post@posterous.com, kita bisa langsung membuat sebuah halaman web (web page) dari nol kemudian langsung jadi (terpublish) dan bisa diakses semua orang via internet, tanpa perlu sign up, isi pendaftaran, login, atau utak-atik setting ini itu lebih dulu.

*


Caranya ya semudah itu, sama seperti kita kirim email biasa. Setelah email tersebut terkirim ke Posterous, beberapa saat kemudian kita akan dapat balasan berisi link web page yang baru saja kita buat.

Ini berguna terutama untuk yang belum punya situs atau blog, tapi ingin mempublikasikan sesuatu secara online (yang bisa juga disertai dengan file attachment) dengan cepat dan instan tanpa harus login dan sebagainya.

Bisa dibilang ini cara baru untuk ngeblog yang paling praktis untuk semua orang, sesuai dengan trend social networking sekarang ini yang semakin memudahkan orang berkomunikasi online satu sama lain.

*



Contoh Publikasi Halaman Web hanya dengan Mengirim Email



Sebagai contoh, saya mengirim sebuah email ke alamat Posterous itu (post@posterous.com). Setelah terkirim, saya mendapat balasan berupa link halaman web dari email yang saya kirim tadi (sebuah link bertuliskan "Your new post"), alamat/URL halaman yang diberikan adalah http://zon-mvaxy.posterous.com/ yang sudah bisa langsung dibuka oleh siapa saja yang terhubung ke internet.

[caption id="" align="aligncenter" width="540" caption=" Kirim email untuk dipublikasikan pada sebuah halaman web di situs Posterous"]posterous-sc-01.png[/caption]

Tetapi, alamat URL yang diberikan secara instan tersebut masih bersifat tanpa pemilik, artinya siapa saja bisa mengklaim sebagai halaman web miliknya. Oleh karena itu, walau pun tidak diharuskan dan alamat web page tersebut tetap online dan dapat diakses tanpa kita perlu mendaftar di situs Posterous, ada baiknya segera meng-klaim URL halaman web tersebut agar tidak ada orang lain yang bisa mengubahnya di kemudian hari.

Caranya yaitu dengan kita membuka link URL halaman web page tadi ("Your new post") atau klik link yang bertuliskan "Click here to set a password for this site". Setelah itu kita bisa mengganti alamat url tadi (misalnya contoh tadi di http://zon-mvaxy.posterous.com/) menjadi alamat URL yang lebih mudah diingat, dan kita bisa sekaligus mendaftarkan akun pada situs Posterous itu, gratis.

[caption id="" align="aligncenter" width="540" caption="URL halaman web pada link di email balasan dari Posterous"]posterous-sc-02.png[/caption]




[caption id="" align="aligncenter" width="540" caption="Halaman web instan dari email yang dikirim ke Posterous"]posterous-sc-03.png[/caption]




[caption id="" align="aligncenter" width="540" caption="Mengklaim dan mengganti alamat web page agar lebih mudah diingat dan menjadi hak milik"]posterous-sc-04.png[/caption]

*


Jamannya ngeblog :D

.

13 comments:

  1. OOT nih, soalnya di gesbuk captchanya kepotong :lol:

    Mantab....ngga salah emang kalo blog didukung Zon :D pasti beres.
    Cocok deh jadi Tutor

    oiya, itu yang diedit cuma ngapus kode lama aja kan? gw butuh sampe 51 menit dan sekali salah (error) cuma buat ngapus doank hehehe (bodohnya)

    makasih banget nih :D

    ReplyDelete
  2. yup, apus kode lama di template ente, trus apus juga kode diantara
    <!-- kode lama - (BLABLABLA) - kode lama -->

    thx sama2 bro :D

    .

    ReplyDelete
  3. lam sejahtera..minta bantuan untuk publikasikan blogs
    cizx saya masih pemula....trims :wink: :wink: :wink:

    ReplyDelete
  4. Thank's bro.. bagus banget infonya.. slam kenal mas. :roll:

    ReplyDelete
  5. Info yang bagus nih...
    perlu dan harus dicoba

    salam kenal bro

    ReplyDelete
  6. beluk paham gan :D

    http://goo.gl/e5ozG

    tapi g p2 lah keep posting deh !

    ReplyDelete
  7. wohh kerenz2 bang heheheheh silahkan yg mau sofware2 kerenz kaya hack fb hack id mig33 ningkatin kecepatan download kunjungi aja http://suramsuram.blogspot.com/ disana banyak applikasi2 kerenz !heheheheheh!silahkan dateng! :mrgreen:

    ReplyDelete
  8. mantap sekali. hanya sekali memasukkan email atau blog sudah jadi deh publikasinya.

    ReplyDelete
  9. itu cuma kaya kirimemail gituu ya...berarti kita bisa nulis dulu donk,g harus onlinehttp://inimu.com/komputer/wp-includes/images/smilies/icon_rolleyes.gif

    ReplyDelete