Friday, April 30, 2010

[DOWNLOAD] OS Lengkap Ubuntu 10.04 LTS Lucid Linx

ubuntu-10.04-lts-sc-web-00.jpg
Hari ini (29 April 2010) Canonical Ltd., perusahaan sponsor komersial di balik pengembangan dan distribusi sistem operasi GNU/Linux Ubuntu, secara resmi merilis versi final terbaru OS ini yaitu Ubuntu 10.04 LTS yang bernama kode Lucid Linx.

Rilis yang diberi embel-embel LTS (Long Time Support) ini adalah rilis 2 tahunan terbaru dengan dukungan atau update support jangka panjang (sampai dengan 3 tahun untuk desktop dan 5 tahun untuk server), berbeda dengan rilis biasa setiap 6 bulanan.

*


Ubuntu 10.04 LTS Lucid Linx Desktop Screenshot


ubuntu-10.04-lts-sc-web-02.jpg


*



Fitur, Pengembangan, dan Update Baru di Ubuntu 10.04 LTS


Hal pertama yang terasa pada Ubuntu 10.04 adalah kecepatannya dalam proses booting, bisa di bawah 10 detik.

Dari segi tampilan, rilis ini terlihat lebih fresh dan shiny, dengan dafault wallpaper baru keungu-unguan (tidak lagi didominasi warna coklat-orange). Theme yang digunakan lebih elegan, walau pun terlihat seperti meniru Mac OS terutama pada penempatan tombol menu window di sebelah kiri). Tapi tentunya tampilan ini bisa kita ganti dengan mudah, tergantung selera masing-masing.

Aplikasi baru yang cukup menarik adalah Gwibber Social Client, software jejaring sosial, lumayan buat update status ke Facebook, Twitter, Flickr, Digg, dll, sesuai dengan moto barunya "Social from the start".

Gwibber di Ubuntu 10.04 LTS


Ada beberapa aplikasi standar di versi sebelumnya yang sayangnya tidak lagi dipasang di Lucid Lynx, misalnya GIMP image editor. Tapi tenang saja, aplikasi ini atau aplikasi lainnya bisa dengan mudah kita tambahkan dengan cara install menggunakan Software Center.

Kalau ada yang mau, silahkan download kumpulan screenshot Ubuntu 10.04 di sini.

Beberapa fitur baru lainnya di Ubuntu 10.04 LTS



  • Boot speed
    Noticeably quicker on almost any machine and super-fast on SSD-based machines such as netbooks, which means users can speed straight to the browser for fast web access.

  • Social from the start
    The new 'Me Menu' in Ubuntu 10.04 LTS consolidates the process of accessing and updating social networks including Facebook, Digg, Twitter and Identi.ca. The Me Menu also integrates chat channels so users can talk with friends or colleagues on Google Talk, MSN, IRC and nearly every network.

  • Ubuntu One
    Enhanced desktop integration for the online service means files and folders can be shared and saved on the cloud more easily. Bookmark and contacts sharing has been added, speeding the move from personal computer to personal computing.

  • Ubuntu One Music Store
    Music from the world's largest labels and greatest bands available direct to Ubuntu users through the default music player. Purchase tracks, store in Ubuntu One and share DRM-free music from one location across multiple computers and devices.

  • Ubuntu Software Centre 2.0
    An easy way to find new software, and keep track of it once it's installed in a new, sleeker interface. Users can also single out software provided by Ubuntu, by Canonical partners or by developers who use Canonical's Launchpad Personal Package Archive (PPA) hosting service.

  • Ubuntu 10.04 Netbook Edition (UNE)
    As well as benefiting from the improvements in the Desktop Edition, netbook users will see even faster boot speeds on SSD-based devices, faster suspend/resume that will extend battery life - and the industry-leading interface for these smaller screens.


*



Download Ubuntu 10.04 LTS Lucid Linx


Ubuntu 10.04 LTS tersedia untuk komputer desktop, server, dan juga netbook.

Sekedar info buat yang belum tahu, sistem operasi open source GNU/Linux Ubuntu bisa anda download, anda gunakan, modifikasi, bahkan bisa anda jual lagi hasil modifikasinya, semuanya gratis baik untuk keperluan pribadi mau pun komersial.

Jadi apa lagi yang musti dijelaskan? Download yuks... :lol:

*



*


List: http://releases.ubuntu.com/10.04/

Lokasi download Ubuntu 10.04 dari server repository lokal Indonesia



*



Dapatkan CD Ubuntu 10.04 Asli dari Canonical


Khusus buat anda yang kesulitan untuk download OS ini secara online (misalnya koneksi internet yang lelet karena bandwidth kecil), Canonical juga menyediakan CD Ubuntu 10.04 dengan cover CD resmi dari Canonical (keren deh..) yang bisa anda peroleh secara gratis dengan cara request di situs Program Ship It Ubuntu. Silahkan kunjungi http://shipit.ubuntu.com.

Catatan, kita musti sabar menunggu CD request ini sampai di tangan kita (bisa sampai 2 bulan-an).

Tapi ingat, Program ShipIt ini lebih ditujukan buat mereka yang memang kesulitan untuk download langsung. Kalau bisa download langsung ya lebih baik download saja, nggak usah norak ikut-ikutan request. :)

*



Update / Upgrade ke Ubuntu 10.04


Untuk anda yang sudah install Ubuntu di komputer dan ingin update atau upgrade ke Ubuntu 10.04 LTS dari versi sebelumnya, silahkan baca aja petunjuk lengkapnya di http://www.ubuntu.com/getubuntu/upgrading.

*



Install OS Linux / Ubuntu Menggunakan USB Flash Disk


Saat sekarang dimana penggunaan flash disk semakin banyak, mungkin lebih mudah kalau instalasi Ubuntu dilakukan via USB flash disk. Keuntungannya, kita nggak perlu harus menyediakan kepingan CD/DVD untuk membakar file .iso hasil download OS Ubuntu, dan selain itu juga proses pembacaan file dari USB flash disk lebih cepat dibandingkan pembacaan file dari CD, sehingga secara otomatis instalasi Ubuntu via flash disk bisa lebih cepat.

Untuk bisa install OS Linux Ubuntu melalui flash disk, tentunya kita tetap memerlukan/download dulu file .iso (CD image). Selanjutnya silahkan gunakan software untuk transfer file .iso ke dalam USB, bisa menggunakan software bawaan Ubuntu bernama Startup Disk Creator (masuk ke System => Administration => Startup Disk Creator).

Selain itu bisa juga menggunakan software sejenisnya seperti misalnya UNetbootin, atau Linux Live USB Creator, atau juga PenDriveLinux, silahkan pilih saja salah satunya. Software-software tersebut bukan hanya untuk Ubuntu, tapi juga untuk distro OS Linux lainnya. Dan biasanya software-software itu menyediakan versi untuk Windows atau Mac OS X, sehingga proses transfer file .iso ke USB bisa dijalankan tidak hanya di Linux, tapi juga di OS Windows/Mac OS.

*



Tambahan biar Ubuntu lebih lengkap dan OK


Ini terutama buat yang baru mencicipi Ubuntu. Kalo yang udah veteran sih pasti tau lah :D

  • Setelah install Ubuntu, sebaiknya langsung lakukan update system:
    masuk ke menu System ==> Administration ==> Update Manager / Synaptic Package Manager.

  • Download dan aktifkan juga driver 3D graphic card anda:
    Ubuntu akan secara otomatis mendeteksinya. Atau:
    masuk ke menu System ==> Administration ==> Hardware Drivers) biar desktop anda lebih keren. :D

  • Dan, biar bisa memainkan file multimedia yang umum digunakan (lagu mp3, video, flash, dll):
    install codecs dan plugins, langsung saja klik link ini: apt:ubuntu-restricted-extras.

  • Selain itu, untuk memudahkan setting dan tweak Ubuntu, boleh juga install salah satu  aplikasi ini:
    Ubuntu Tweak (http://ubuntu-tweak.com/) atau Ailurus (http://tdt.sjtu.edu.cn/ailurus/).


*


Merdeka :lol:

.

22 comments:

  1. wah, udah ada yang lokal ya? coz kmaren nyari2 di kambing msh yg RC, oke dah aku sedot nih, mudah2an koneksinya kuat, hehe :D

    ReplyDelete
  2. bro...kamu waktu instal ubuntu 10.04 ada masalah ga ? cz aku waktu instal tu saat masuk boot screen na koq tampilan na kayak tv gangguan ya, aku pake laptop axioo mnc dan perlu diketahui di laptop temen - temen ku acer core 2 duo juga gitu...

    ReplyDelete
  3. mungkin resolusinya terlalu besa ga support layarnya.
    coba setting di /etc/X11/xorg.conf atur masalah resolusi dan hertz-nya..
    mudah-mudahan membantu

    ReplyDelete
  4. lupa sebelumnya masuk mode teks dulu, pas di login (ya klo ga keliatan kira2 aja dl) trz teken Ctrl+Alt+F1 (bisa F1-F7), trz login trz seting aja bisa pake sudo vi /etc/X11/xorg.conf ato sudo nano /etc/X11/xorg.conf terserah editor apa yg disuka.. :roll:

    ReplyDelete
  5. Saya juga pasang di axioo tvr setelah tampil grub langsung layar spt tv rusak tidak sampai log in bagaimana ya ?

    ReplyDelete
  6. untuk yg bermasalah dgn axioo, coba liat di
    https://help.ubuntu.com/community/OpenChrome
    atau di sini:
    http://masiqbal.net/instalasi-linux-di-laptop-axioo.php
    barangkali bisa membantu :)

    .

    ReplyDelete
  7. Makasih Infonya mas..
    amat sangat bermanfaat. :)

    ReplyDelete
  8. mau coba nih, linux ubuntu, kemarin aku cuma deger doang dari teman sekarang aku mau coba aja biar ga penasaran, mohon bimbingannya ya mas..

    ReplyDelete
  9. boz... pas ane clik ini ; apt:ubuntu-restricted-extras
    kok eror yah... giman solusinya

    ReplyDelete
  10. gan.. mau tanya neh...
    koq waktu ane install lucid k laptop ane axioo MNC(pas uda k install sam waktu live CD) koq boot screen'y rusak "mbleret2 hha" ntu knp yya???
    pdhl OSnya jalan normal2 aj.. VGA jg ud k install

    ReplyDelete
  11. wahhh.. ada yang versi netbook juga ya??
    mantap nihh.. ijin sedot gan..
    kemarin aku pake yang versi desktop mantap juga..
    desktop effects-nya juga keren..
    aku pake acer aspire one D260..
    kalo temen2 yang pake axioo pake ubuntu yang 9.04 atau yang 9.10 aja..
    VGA gak masalah soalnya udah pake openchrome..
    tapi compiznya (desktop effects) gak bisa.. kalo mau compiznya jalan pake yang 8.04 aja..
    liat disini untuk caranya..
    http://tzetta.wordpress.com/2009/03/31/install-ubuntu-804-di-axioo-dengan-vga-via-compiz/

    dulu waktu masih pake axioo-neon tvr sih bisa tapi sulit banget settingnya.. trus berat pula compiznya..
    semoga membantu..

    dwik46@gmail.com

    ReplyDelete
  12. Gan... q mau tanya aq uda install ubuntu 10.04 di laptp q, tp setelah innstall gak bs konek ke wireles. Minta sarannya donk. trims

    ReplyDelete
  13. Gan.... tolong kirimin sarannya ke alamat email q ya marnaek.ts@gmail.com
    tks.

    ReplyDelete
  14. saya install d pc.
    terus saya menggunakan modem untuk koneksinya.
    tapi modem saya enggak bisa terdetek.
    ada masukan...???
    kalau ada kirim ke email saya di shandykonk@yahoo.com

    ReplyDelete
  15. iya nich, maz gilang udah menemukan solusi buat VGA tersebut??
    paling tidak buat mengecilkan tampilan resolusinya,,,
    mohon pencerahan nya,
    kirim email ke black_ustadz@roketmail.com

    ReplyDelete
  16. ralat alamat email black_ustadz@rocketmail.com

    ReplyDelete
  17. Aku pengen ganti warnetku dg os linux. Supaya friendly ke customer apa bisa tampilan kaya' windows. Trus konfigurasikannya gimana?

    ReplyDelete
  18. bro..klo untuk server pake linux kenceng ga' ....

    ReplyDelete
  19. mo nanya lg brow...kebetulan ada os linux ne aku tangani....os linuxx pake pasword gemna ne caranya tuk ilangin paswordnya bisa ga''''.....slam solver 8)

    ReplyDelete
  20. pake' Kubuntu gan tampilannya sama dengan windows, klo dipake' server ringan Gan...hehehhe tp coba dlu ya ....biar puas...ckckc :-x

    ReplyDelete
  21. Nice inpo, sangat bermanfaat..
    mungkin kita bisa bertuker informasi atau backlink.. :-D

    ReplyDelete