Sunday, April 4, 2010

Google Update Pagerank Bulan April 2010

[caption id="" align="alignleft" width="151" caption=" "]google-pagerank-logo.png[/caption]

Memasuki bulan April 2010 ini, Google si raja search engine melakukan update ranking semua situs/website/blog/ berdasarkan sebuah sistem pemeringkat miliknya yang terkenal yaitu Google PageRankTM.

Sekedar informasi buat yang belum tau apa itu Google PageRank, mungkin dapat dijelaskan secara singkat bahwa Google PageRank adalah semacam algoritma khusus yang dibuat oleh Google untuk menentukan peringkat berbagai situs yang ada di internet, dalam kaitannya dengan urutan prioritas situs tersebut untuk bisa tampil di halaman hasil pencarian mesin pencarinya (SERP/search engine result pages) Google.

Semakin tinggi nilai PageRank sebuah situs maka semakin penting pula isi atau konten yang ada di situs tersebut di mata robot search engine Google untuk ditampilkan dalam hasil pencarian Google pada urutan terdepan.

*



Update Google Pagerank Situs Inimu.com





Situs ini mulai mengudara (radio kale..:lol:) sekitar akhir bulan Februari/awal Maret lalu, jadi umurnya kurang lebih sekitar 5 minggu atau sebulan lebih. Di bulan pertamanya ini, Google menetapkan bahwa situs ini mendapat PageRank 2. Masih kecil memang, tapi yaa... lumayan lah, daripada 0 besar.

Sekalian saja dengan data pemeringkat yang lain, yaitu Alexa, salah sebuah situs pemeringkat yang lebih berorientasi pada tingkat jumlah kunjungan atau traffic sebuah situs, sampai dengan hari ini memberikan peringkat 726825 kepada situs ini. Kalau peringkat Alexa ini bisa dibilang perubahannya cukup fluktuatif, karena mengikuti tingkat kunjungan situs dalam hitungan hari. Jadi, mungkin peringkat Alexa situs ini masih akan membaik :D.

[caption id="" align="aligncenter" width="383" caption=" "]domaintyper-inimu.com-pagerank-sc.png[/caption]

Masih dalam hal tingkat kunjungan, bila dilihat dari jumlah kunjungan berdasarkan data dari Google Analytics, Inimu.com saat ini baru mendapat kunjungan rata-rata 1000 orang per hari. Masih perlu digenjot :D

[caption id="" align="aligncenter" width="540" caption=" "]google-analytics-inimu.com-sc.png[/caption]

*



Tools untuk Memeriksa Peringkat/Tingkat Kunjungan Situs/Blog





Ini terutama buat yang belum tau, sebenarnya ada banyak tools untuk memeriksa/cek peringkat Google PageRank, peringkat Alexa, dan peringkat/nilai situs lainnya. Misalnya bisa menggunakan situs PRChecker, MyPageRank, PopURI, banyak lagi deh. Situs-situs seperti itu biasanya juga menyediakan widget untuk dipasang pada blog. Atau bisa juga dengan cara install add-ons SEO Quake di browser Firefox.

Jadi berapa peringkat situs/blogmu per hari ini? :D

*


Balapan :lol:

.

6 comments:

  1. manrtep sob. page rank'nya sama ky blog kapten teknologi. hehe. prlu di tingkatkan lagi nih.

    btw LINK kapten Teknologi ko gak ada sob. :-D punnya sobat tetap nongol ko. di sini..http://www.kaptenteknologi.co.cc/2010/03/tukar-link.html

    ReplyDelete
  2. wah keren, padahal blog baru tapi pagerank-nya naik cepet banget :p
    tapi alhamdulillah PR blogku skrg juga udah naik, hehe :D

    ReplyDelete
  3. yah si sob, dari dulu mah ga pernah hilang, tetap manteng di halaman paling depan: http://inimu.com/#inimulinkbanner :D

    .

    ReplyDelete
  4. cepet karena isi blog lama saya pindahin semua ke sini :lol:
    mantep tuh pr 3

    .

    ReplyDelete
  5. Wah bener, google dah update pagerank, pr blog baru saya dari 0 langsung di hadiahi 4, google lagi baik nih ma blog saya. Tapi alexa rank saya masih kisaran 14jutaaann, dan disana belum ada yang ngelink blog saya.. Google emang lagi baik..
    Visit me : http://hisyamhananto.wordpress.com

    ReplyDelete
  6. wow... gile beneeer... dari 0 ke 4, mantap sob 8)

    .

    ReplyDelete