Friday, January 15, 2010

Tampilkan Gadget Halaman Situs di Desktop dengan Snippage

Snippage logo
Snippage logo
Pada saat sistem operasi Windows Vista pertama kali muncul, ada sebuah elemen yang cukup menarik perhatian pada OS yang satu ini, yaitu adanya Windows Sidebar, sebuah kumpulan aplikasi kecil (gadget) yang berada di bagian samping tampilan desktop. Kemudian dikenal juga Google Desktop Gadgets, yang fungsi dan tampilannya mirip dengan Sidebar tersebut. Gadget atau widget pada desktop tersebut bisa berisi informasi jam, kalender, informasi penggunaan CPU komputer, potongan berita internet, dan aplikasi tertentu lainnya.

Masih berhubungan gadget atau widget di desktop, ada sebuah aplikasi bernama Snippage yang fungsinya untuk menampilkan halaman situs sebagai gadget di desktop, sehingga akan terlihat seperti aplikasi desktop.

Aplikasi ini pada dasarnya adalah sebuah browser sederhana, dimana kita bisa membuka sebuah halaman situs, hanya saja dengan Snippage ini kita bisa menampilkan bagian tertentu saja dari halaman situs tersebut yang menurut kita menarik atau berguna untuk ditampilkan di desktop, sehingga untuk menampilkannya kembali di desktop kita tidak perlu membuka browser yang biasa kita pakai misalnya Firefox.


Penggunaan Snippage

Saat dijalankan pertama kali, akan muncul jendela kecil Snippage. Untuk menampilkan sebuah halaman situs, maksimalkan jendela tersebut dengan klik icon panah di pojok kanan atas, lalu kita ketik alamat situs yang akan kita lihat.


Setelah situs tersebut muncul, kita tentukan bagian mana yang akan kita tampilkan pada desktop, dengan mengatur penempatan dan ukuran kotak potongannya. Selanjutnya klik saja icon bergambar gunting, dan jadilah sebuah potongan tampilan halaman situs berupa gadget di desktop.



Kita bisa menambah gadget dari situs mana pun di internet untuk ditampilkan di desktop. Untuk menambah gadget, klik saja tanda plus di pojok kanan atas. Misalnya kita ingin menampilkan halaman Google, tapi hanya kotak pencariannya saja supaya kita bisa menggunakannya langsung di desktop. Caranya sama seperti di atas, masuk ke halaman Google, kemudian kita tentukan kotaknya, dan klik gambar gunting, maka jadilah kotak kecil pencarian Google di desktop kita.



Semua link yang kita klik dan juga hasil pencarian Google pada gadget Snippage ini akan ditampilkan pada jendela baru di browser default komputer kita, misalnya Firefox.


Download Snippage

adobe AIR logoSnippage adalah sebuah software cross-platform yang berjalan menggunakan engine Adobe AIR (Adobe Integrated Runtime) sehingga untuk menginstall dan menjalankan aplikasi ini kita perlu terlebih dulu install Adobe AIR di komputer kita. Adobe AIR adalah sebuah software untuk menjalankan aplikasi web di desktop, dan bersifat cross-platform yang bisa diinstall di komputer Windows, Linux dan Mac OS X.



Semoga berguna :).

.

No comments:

Post a Comment