Wednesday, September 29, 2010

Layanan Xmarks (Sinkronisasi Bookmark) Bakal Tutup Januari 2011

Buat anda yang sering berpindah-pindah komputer atau berganti-ganti aplikasi browser untuk mengakses situs web di internet, tools sinkronisasi bookmark merupakan sebuah tool yang cukup penting. Dengan tool sinkronisasi bookmark, situs-situs web favorit yang sering kita kunjungi dengan cepat bisa diakses tanpa perlu lagi secara manual mengetikkan alamat-alamat situs web favorit tersebut atau membuat bookmark baru di komputer/browser yang berbeda.

xmarks-web-screenshot.jpg


Awalnya di tahun 2006, Xmark (dulunya bernama Foxmark) merupakan sebuah add-on sinkronisasi bookmark gratis khusus di browser Mozilla Firefox. Seiring dengan kepopulerannya, Foxmark berganti nama menjadi Xmark, dan sinkronisasi bisa diperluas tidak hanya untuk browser Firefox, tapi juga browser-browser lainnya seperti Internet Explorer, Safari, Google Chrome, bahkan ke perangkat mobile, sehingga sinkronisasi bisa lintas browser, bahkan lintas platform. Layanan sinkronisasi gratis ini juga tidak hanya terbatas pada sinkronisasi bookmark, melainkan juga sinkronisasi history, opened tab, dan juga password, sehingga pengalaman browsing kita lebih cepat dan mudah dilakukan menggunakan browser apa pun yang dipasang add-on Xmark ini.

Selain itu juga ada beberapa fitur lain yang cukup membantu, misalnya ketika kita mencari sesuatu melalui Google, add-on Xmark akan menampilkan semacam rekomendasi situs mana saja yang bagus untuk dikunjungi, berdasarkan penilaian/rating dari para pengguna add-on Xmark di seluruh dunia. Ada juga fitur untuk melihat daftar peringkat situs untuk kategori-kategori tertentu yang juda berdasarkan penilaian sesama pengguna add-on ini, sehingga lagi-lagi kita bisa mengetahui situs mana saja yang memang layak untuk dikunjungi.

*


Namun, dengan berbagai fitur itu, dan di tengah kepopulerannya (sampai saat ini telah mencapai 2 juta user), tiba-tiba ada sebuah berita yang cukup mengejutkan, terutama bagi pengguna setia add-on Xmark. Melalui situs dan juga blognya, CEO Xmark mengumumkan bahwa 3 bulan dari sekarang (tepatnya tanggal 10 Januari 2011), Xmark akan ditutup. Doohh.... :(

Fiuuhhh.... Sekian lama baca berita tentang internet/teknologi informasi, cuma berita ini yang bikin saya sedih. Bukan apa-apa, dengan jumlah bookmark yang bejibun mencapai ribuan, saya pemakai setia add-on ini, setiap hari saya menggunakannya untuk sinkronisasi di beberapa komputer atau pun browser/OS yang berbeda.

Memang sih, ada banyak addon/tools/layanan online serupa, seperti misalnya sinkronisasi bookmark built-in di browser Firefox, Chrome, dll, lalu ada juga layanan seperti Google Bookmark, Yahoo! Bookmark, Delicious, dll, atau pun berbagai tools/layanan lainnya. Tapi menurut saya, tidak ada satu pun dari tools lain itu yang memiliki kemudahan dan fitur sebagus Xmarks.

Pihak Xmarks mengemukakan alasan penutupan layanannya, bahwa mereka mengalami kesulitan keuangan untuk meneruskan operasional layanan ini.

Para pengguna setia layanan Xmarks pun banyak yang sedih, bahkan ada yang membuat petisi, Facebook Group, situs donasi, dan lain sebagainya untuk mengemukakan kesedihan, kekesalan, dukungan, dan kesediaan untuk membayar, agar pihak Xmarks mempertimbangkan kembali keputusan penutupannya itu. Artikel tentang pengumuman penutupan ini di blog Xmarks pun dibanjiri komentar total sampai 1500-an komentar, hanya dalam sehari saja. Mungkin itulah jumlah komentar terbanyak pada sebuah artikel dari semua artikel yang pernah ada di internet.

kuburan-xmarks.jpg


Jadi ingat lagu kuno Iron Maiden berjudul "Only The Good Die Young" :(

Tapi lucunya, iseng-iseng jalan-jalan ke blog lain, masih ada juga yang baru membahas dan menyarankan pembacanya menginstall Xmarks untuk sinkronisasi bookmark :)

.

2 comments:

  1. saya jg sedih dengernya :(
    pas buka email da pemebritahuan dari xmarks klo mo tutup
    untung ada firefox sync
    biar gak sehebat xmarks tapi jadilah :D

    ReplyDelete
  2. thxs bgt gan infonya , baru mau cari cara kerjanya Xmarks, malah udah tutup.. jadi walau q belum ngerasain hebatnya Xmarks ... thxs bgt laah buat info yg cool ini :-D :-D :-D :-D

    :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry:

    ReplyDelete