Tuesday, September 14, 2010

[DOWNLOAD] Boot dan Basmi Virus di PC dengan Kaspersky Rescue Disk

Akibat dari serangan virus pada komputer/PC bisa bermacam-macam, ada yang hanya memberikan pesan-pesan tertentu, merusak file dokumen/data, merusak file sistem operasi, atau bahkan sampai merusak sistem start-up Windows yang menyebabkan PC tidak bisa di-boot.

Untuk virus yang belum sampai menyerang file system, scanning dan pembersihan virusnya mungkin masih bisa dilakukan dari dari dalam OS Windows yang di dalamnya terdapat virus tersebut. Tapi bila sudah menyerang sistem dan sudah menjalar ke file-file lainnya, cara yang lebih efektif untuk membersihkannya harus dilakukan dari luar OS Windows bervirus tersebut.

kaspersky-rescue-disk-01.jpg


Salah satu cara basmi virus dari luar OS Windows yang terjangkit virus adalah dengan cara booting PC untuk sekaligus mendeteksi dan membersihkan virus menggunakan disk penyelamat dari Kaspersky, sebuah vendor antivirus yang cukup terkenal, yaitu menggunakan software bernama Kaspersky Rescue Disk.

*


Disk pembasmi virus buatan Kaspersky ini mirip dengan software serupa yang pernah dibahas sebeumnya yaitu AVG Rescue CD. Mana yang merupakan antivirus terbaik di antara keduanya, silahkan dicoba saja :)

Disk ini berisi sistem operasi Linux (lebih tepatnya Gentoo Linux) yang di dalamnya sudah terdapat software antivirus Kaspersky (virus removal) yang tentunya digunakan untuk mendeteksi dan membersihkan virus yang bersarang pada komputer (OS Windows). Selain itu di dalamnya juga disediakan beberapa tool darurat seperti File Manager, Web Browser, Terminal (command prompt), Screenshot dan Network Setup.

kaspersky-rescue-disk-03.jpg


Bila digunakan pada komputer yang terhubung ke internet (online), Kaspersky Rescue Disk ini akan memberitahukan apabila database antivirus perlu diupdate agar pendeteksian virus lebih efektif.

Kaspersky Rescue Disk tersedia dalam format file .iso yaitu file image utnuk diburn/dibakar pada keping CD/DVD. Kita bisa memindahkan file .iso tersebut ke dalam USB flash disk agar booting bisa dilakukan menggunakan flash disk, yaitu dengan menggunakan tool tambahan bernama Kaspersky USB Rescue Disk Maker.

kaspersky-rescue-disk-02.png


*



Download Gratis Antivirus Kaspersky Rescue Disk 10



  • Kaspersky Rescue Disk (.iso CD Image), ukuran 195 MB, download di sini.

  • Kaspersky USB Rescue Disk Maker (.iso ke USB), ukuran 328 KB, download di sini.


.

1 comment:

  1. thanks bro.....tapi ini hanya untuk OS linux saja kah?? kalo dipakai di windows xp bisa ga bro???

    ReplyDelete