Wednesday, September 1, 2010

Fitur Baru Blogger: Gadget Popular Post with Thumbnail dan Blog's Stats

Blogger, blogging platform gratis kepunyaan Google, terus berbenah memberikan berbagai fitur baru yang menarik dan berguna bagi penggunanya dan juga pengunjung blog.

Belum lama Blogger ini meluncurkan sebuah fitur penting yaitu Blogger Stats, yang saat itu masih dalam tahap beta atau ujicoba dan baru bisa diakses melalui Blogger in Draft. Namun hari ini Blogger secara resmi meluncurkan versi final (bukan lagi versi beta) dari Blogger Stats ini, sehingga fitur ini sudah bisa diakses dari dashboard / home page utama Blogger (di alamat http://www.blogger.com).

Yang lebih menarik lagi, masih mengenai statistik blog, bersamaan dengan itu Blogger juga meluncurkan dua buah gadget aka widget menarik yaitu Popular Posts dan Blog's Stats yang bisa dipasang di sidebar blog.

*



Fitur Baru dan Perbaikan Blogger Stats


Setelah diluncurkan di Blogger in Draft, fitur Blogger Stats ini terus diperbaiki sebelum akhirnya hari ini diluncurkan secara resmi menjadi fitur default di Blogger. Beberapa perbaikan itu antara lain adalah:

  • Real-time tracking.
    Tracking secara real-time, sehingga setiap kunjungan langsung bisa dilihat

  • Data dan statistik pengunjung.
    Tampilan Top search keyword, asal pengunjung, browser yang digunakan, dan lainnya

  • Perbaikan tampilan.
    Lebih cantik dan dengan tampilan graphik dan chart yang mudah dibaca

  • Self-view exclusion
    Artinya kita melakukan setting agar kunjungan pemilik blog tidak dimasukkan ke dalam data statistik. Caranya, silahkan masuk ke tab Statistik di Dashboard Blogger, lalu di bagian kanan klik sebuah link bertuliskan "Don't track your own pageviews".


blogger-stat-01.png


*



Gadget Popular Posts dan Blog's Stats


Saat ini, kedua gadget ini masih dalam tahap beta dan baru bisa diakses melalui halaman Blogger in Draft (http://draft.blogger.com).
Sebagai catatan, bila ingin selalu menggunakan fasilitas Blogger in Draft apabila kita masuk ke Dashboard agar senantiasa selalu mendapatkan update fitur-fitur terbaru Blogger (yang masih dikategorikan sebagai fitur eksperimantal aka uji coba), login di alamat http://draft.blogger.com lalu centang pilihan “Make Blogger in Draft my default dashboard.” pada dashboard bagian atas.

Untuk memasang kedua gadget tersebut di sidebar blog, silahkan masuk ke Dashboard Blogger in Draft, lalu buka tab Design, lalu klik Page Elements, dan klik “Add a gadget” yang ada di area sidebar blog.

blogger-stat-popular-post-03.png

Yang menarik dari gadget ini, terutama gadget Popular Posts, adalah tampilannya yang tidak hanya berupa link teks, tapi juga bisa ditampilkan dengan thumbnail gambar/image yang ada pada posting aka artikel-artikel populer tersebut, sehingga terlihat lebih menarik dan atraktif bagi pengunjung (dan mungkin jadi sedikit lebih berat page-loadingnya :)).

blogger-stat-popular-post-02.png

*


Blogspot makin menggila aja... :D

.

6 comments:

  1. nice info gan~
    lgsg ditambah gadgetnya,mantaf..
    hohoho..
    terimakasih~ ^^

    ReplyDelete
  2. sayangnya bikin loading time blog makin lama ya! tapi, plg tidak ini salah-satu bukti bhw blogspot selalu berbenah diri. patut diacungkan jempol!

    ReplyDelete
  3. *NUMPANG LEWAT
    “SELAMAT! Untuk Pencinta Handphone Mania.. hanya untuk Anda.
    Gampang dan Murah… langsung dapat di HP kamu. Caranya kamu tinggal ketik REG MAIN kirim ke 9789(khusus pengguna Telkomsel, yach..)atau Coba masuk aja ke WAP RujakAsik di http://m.rujakasik.com dari browser HP kamu. Didalamnya ada ribuan konten seperti GAME, VIDEO, KOMIK, THEME, RINGTONE, DAN WALLPAPER yang bisa kamu download. Ramai dan banyak pilihannya, pasti tidak akan nyesel dechhh…”

    ReplyDelete
  4. infonya oke bgt.................................... :mrgreen:

    ReplyDelete