Friday, October 15, 2010

Twitter Baru

Saat ini Twitter sedang memperbaiki tampilan dan menambah fitur baru di situsnya, yang akan diluncurkan nantinya sebagai New Twitter. Fitur pengembangan atau versi beta ini ditawarkan kepada penggunanya masih dalam tahap ujicoba, jadi belum diluncurkan secara resmi diluncurkan. Cukup banyak fitur baru yang ditawarkan, dan cukup berguna.

new-twitter-screenshot.png


Sebenarnya sudah agak lama juga fitur beta NewTwitter ini ada, tapi baru dicoba nih :) Ternyata cukup menarik juga. Berikut ini adalah beberapa fitur baru Twitter (beta).




  • Desain dan tampilan baru
    Twitter versi baru ini lebih lebar, mungkin menyesuaikan dengan semakin membaiknya resolusi layar monitor yang digunakan saat ini. Tampilannya juga lebih fresh, tapi bisa disesuaikan oleh penggunanya. Tampilan pesan juga tidak hanya berupa timeline, tapi ada juga mentions, retweets, searches, dan lists. Sementara di sebelah kanan tetap ada tampilan seperti sebelumnya seperti follower/following, favorite dan Trending Topics.

  • Bisa embed foto dan video (multimedia)
    Pada Twitter baru, kita bisa menampilkan link gambar/image/foto atau pun video secara langsung di halaman Twitter. Untuk itu Twitter bekerja sama dengan berbagai penyedia/host konten multimedia seperti Youtube, Flickr, DeviantART, Etsy, Justin.TV, Kickstarter, Kiva, Photozou, Plixi, Twitgoo, TwitPic, TwitVid, USTREAM, Vimeo, dan yfrog.

  • Manampilkan konten yang berhubungan
    Setiap pesan aka tweet bisa diklik untuk menampilkan panel detail yang berisi related content atau konten informasi lainnya yang berhubungan dengan tweet tersebut.

  • Menampilkan mini profile
    Dengan mudah kita bisa melihat profil seseorang yaitu dengan klik teks @username untuk menampilkan profile atau data-data akun orang tersebut dalam tampilan simpel (mini) tanpa perlu beralih dari halaman yang sedang ditampilkan.


*


Karena masih dalam tahap ujicoba, fitur-fitur tersebut masih mungkin diperbaiki atau diubah agar lebih sempurna dan stabil. Untuk pengguna lama akun Twitter bisa mencobanya dengan klik link NewTwitter di bagian atas dashboard akunnya. Sedangkan pengguna baru secara otomatis akan mulai menggunakan fitur New Twitter baru ini.

.

2 comments:

  1. Tampilannya lebih lebar, sehingga menu2nya tampak jelas, lebih cihuy dari yang dulu :mrgreen:

    ReplyDelete
  2. semakin banyak situs jejaringan dan microblog, semakin susah juga untuk mengelolanya, mending jadi plukers aja deh hehehe

    ReplyDelete