Saturday, October 9, 2010

[TIPS] Cara Aman Perpendek Alamat URL (URL Shortener)

Saat ini adalah masa keemasan Web 2.0 yang ditandai dengan menonjolnya aspek berbagi (sharing) informasi antar pengguna internet melalui berbagai media social networking seperti Facebook dan Twitter.

Sejak meroketnya kepopuleran Twitter sebagai salah satu sarana berbagi informasi online dengan pembatasan penggunaan karakter pesan pendek maksimal 140 huruf saja, sudah banyak bermunculan layanan pemendek alamat URL (URL shortener), seperti bit.ly, tinyurl.com, dan lain sebagainya. Penggunaan layanan-layanan pemendek URL tersebut bertujuan agar sebuah informasi online yang seringkali menggunakan alamat URL cukup panjang tidak sampai menghabiskan space atau dengan kata lain agar bisa memberikan space yang lebih lapang untuk pesan atau teks tambahan dari pengguna layanan Twitter atau layanan berbagi lainnya.

Di satu sisi penggunaan URL shortener seperti itu tentunya sangat berguna, namun terkadang di lain sisi ada juga oknum-oknum pengguna internet yang sengaja memanfaatkan layanan pemendek URL tersebut untuk menyembunyikan alamat URL yang berisi konten yang berbahaya. Akibatnya, sebagian orang menjadi agak khawatir bila harus klik sebuah URL pendek, dan hal itu menjadi wajar, karena tidak tahu akan diarahkan kemana setelah diklik alamat URL pendek itu.

Untuk itu, dengan tujuan untuk meningkatkan keyakinan user sebelum klik sebuah alamat URL pendek, kita bisa mempersingkat alamat URL yang panjang dengan menggunakan layanan URL shortener yang disediakan oleh layanan yang memang selama ini cukup terpercaya akan kepeduliannya terhadap aspek keamanan (security) di internet. Diantaranya, kita bisa menggunakan layanan pemendek URL yang aman (secure URL shortener) yang disediakan McAfee (perusahaan security dan antivirus) dan juga Google yang baru saja mempublikasikan layanan pemendek URLnya.

*



URL Shrotener dari McAfee


Kita bisa menggunakan layanan McAfee dengan dua cara.

Cara pertama, silahkan buka situsnya di http://mcaf.ee untuk kemudian kita masukkan alamat URL panjang yang akan diperpendek.

secure-url-shortener-01.jpg


Cara kedua yang lebih praktis, untuk pengguna browser Mozilla Firefox, kita bisa install add-on McAfee Secure URL Shortener (install dari sini). Bila add-on ini telah terinstall, kita bisa langsung menggunakannya dengan cara klik kanan pada sebuah link atau pada area kosong di sebuah halaman web, lalu klik menu bertuliskan Shorten with mcaf.ee. Setelah itu kita akan diberikan alamat URL pendek berawalan http://mcaf.ee yang secara otomatis akan dicopy ke clipboard sehingga link pendeknya siap digunakan (dengan cara paste misalnya pada area teks di Twitter).

secure-url-shortener-02.jpgsecure-url-shortener-03.jpg


Sebagai salah satu perusahaan penyedia layanan security, tentunya kita bisa lebih yakin menggunakan layanan URL shortener dari McAfee ini. Namun menurut saya ada sedikit ketidaknyamanan saat menggunakannya, yaitu website asli yang akan ditampilkan akan berada di dalam frame di bawah banner McAfee, sehingga mengurangi space tampilan halaman web asli tersebut.

*



Menggunakan URL Shortener Google


Google baru-baru ini secara resmi menyediakan alamat khusus untuk layanan penyingkat URL yaitu di alamat http://goo.gl yang bisa digunakan oleh siapa saja, setelah sebelumnya terbatas hanya tersedia build-in di beberapa produk Google lainnya. Bila kita mempersingkat sebuah alamat URL saat kita login dengan akun Google, kita dapat memantau statistik shortened URL yang kita buat menggunakan Google URL Shortener ini.

secure-url-shortener-04.jpg


Seperti diketahui, Google juga termasuk salah satu provider yang sangat peduli dengan aspek keamanan aka security di dunia online. Google si raja search engine ini memiliki database situs-situs mana saja yang kedapatan berisi konten berbahaya dan akan memperingatkan penggunanya bila akan menuju sebuah alamat berbahaya tersebut dengan mengalihkannya ke sebuah halaman peringatan (contoh lihat di sini) yang berisi informasi tentang konten berbahaya itu.

*


Semoga berguna.

.

2 comments:

  1. semakin banyak aja nih tempat memperpendek url. thanks sob tipsnya

    ReplyDelete
  2. saya rasa http://bit.ly/ masih menjadi idola dalam urusan pendek-memendek :D

    ReplyDelete