Wednesday, May 26, 2010

[TIPS] Proteksi Link Bookmark di Firefox dengan Password

Buat anda yang berselancar di internet, tentunya sering menandakan alamat-alamat situs tertentu yang dianggap penting atau menarik, yaitu dengan cara menyimpannya sebagai bookmark aka favorite di aplikasi browser dengan tujuan agar lebih mudah membukanya kembali di lain waktu.

Dari sekian banyak bookmark yang disimpan, mungkin ada beberapa link bookmark tapi anda tidak ingin orang lain bisa membukanya. Sayangnya, secara default, bookmark pada sebuah browser seperti misalnya Firefox tidak bisa disembunyikan, sehingga siapa saja dengan mudah bisa membukanya.

Untungnya, pada browser Mozilla Firefox tersedia sebuah add-on bernama Link Password yang gunanya untuk melindungi atau memproteksi sebuah alamat aka link sebuah situs dengan password tertentu, sehingga orang lain yang tidak mengetahui password tersebut tidak bisa membukanya.

*



Cara Penggunaan Add-on Link Password di Firefox


Untuk menggunakan add-on Link Password, silahkan download dan install dulu dari situs Mozilla. Setelah terinstal, pada browser Firefox akan muncul tambahan pada menu Tools yaitu item baru bertuliskan Make new Encrypt Link. Bukalah sebuah alamat situs yang ingin anda sembunyikan dengan menggunakan password (misalkan google.co.id), lalu setelah alamat tersebut terbuka, silahkan klik menu Tools => Make new Encrypt Link tadi. Selanjutnya anda diminta menentukan sebuah password untuk bisa membuka situs ini lagi nantinya.

Proteksi bookmark dengan add-on Link Password di Firefox 01


Setelah memasukkan password, misalnya pada contoh ini alamat google.co.id tadi akan dienkripsi menjadi sebuah link baru dengan alamat yang cukup panjang berbentuk seperti kode yaitu cryptlink://VtX7S2dnZ2cTUjbFn5edYbPRqUsTdkzYE7X6ThRxLfI=&11091, yang nantinya hanya bisa dibuka dengan memasukkan password yang benar. Untuk memudahkan kita mengakses alamat yang sudah dienkripsi ini, silahkan simpan sebagai bookmark, tekan saja Ctrl+D pada keyboard anda. Atau bisa juga dengan cara tarik tab alamat tersebut ke bookmark bar.

Dan, sebaiknya nama bookmark untuk terenkripsinya tadi kita ganti dengan nama yang mudah kita mengerti, agar kita tidak kebingungan sendiri nantinya saat ingin membukanya. Cara edit sebuah bookmark, silahkan klik kanan pada bookmark itu kemudian klik Properties, lalu masukkan nama bookmark pada isian Name dengan nama yang mudah dimengerti.

Proteksi bookmark dengan add-on Link Password di Firefox 01


*


BTW, keknya udah kebayang deh situs-situs apa aja yang bakal dikasih password... :lol:

.

2 comments: