Saturday, May 22, 2010

Homepage Google jadi Game Pac-Man

Google si biang mesin pencari, secara rutin menampilkan Doodle, yaitu gambar unik membentuk logo Google pada halaman depan mesin pencarinya, yang sengaja disesuaikan dengan momen-momen khusus.

Tapi hari ini (atau 21 Mei 2010 waktu Amerika sana), tampilan Google Doodle sedikit berbeda, karena tidak hanya berupa gambar statis, melainkan berupa atraksi game Pac-Man, sebuah game sangat ngetop jaman dahulu kala di awal tahun 80-an.

*


Yup, betul, kali ini bertepatan dengan 30 tahun lahirnya game Pac-Man, Google sengaja memasang game tersebut di halaman depannya. Cukup menarik, karena game ini bisa dimainkan layaknya game Pac-Man di komputer, tapi cukup dijaankan pada browser.

Yang lebih istimewanya lagi, game ini bisa dimainkan tanpa memerlukan plugins tertentu seperti Adobe Flash atau lainnya untuk bisa dimainkan di aplikasi browser biasa. Game ini dibuat dan bisa dimainkan hanya menggunakan kode HTML, CSS, dan Javascript saja.

google-pacman-sc-web.png

Dengan memasang game ini di halaman depannya, Google seperti ingin menunjukkan bahwa teknologi web saat ini sudah sangat berkembang, sehingga seharusnya bisa menampilkan konten interaktif tanpa perlu bantuan plugins tertentu yang dikuasai oleh sebagian vendor saja seperti teknologi Flash, Silverlight, dan semacamnya, tapi menggunakan teknologi yang bisa digunakan dan dikembangkan oleh siapa saja, yaitu berupa teknologi open web seperti misalnya HTML5.

Dan yang pasti, tentunya jauh banget kemajuan teknologi komputer saat ini kalo mau dibandingkan dengan teknologi tahun 80-an dulu, waktu jamannya komputer belum mengenal aplikasi browser, apalagi teknologi HTML, Javascript atau CSS.

*


Mau tes main Pac-Man? Buka aja halaman depan Google, tapi kalau masih ada gamenya :D

Kalo udah nggak ada di situ, bisa main PacMan di sini.

.

2 comments:

  1. mantab.... saya juga pertamanya pas buka google bingung
    diamkan sebentar jalan deh PACMAN di google nya
    hahaha
    thanks

    ReplyDelete
  2. pac man udah lama juga ya :)

    ReplyDelete