Saturday, May 15, 2010

Mengetahui Nilai Sebuah Page di Facebook

Seiring dengan perkembangan layanan jejaring sosial aka social networking semisal Facebook, kini para pemilik atau pengelola situs pun merasa perlu untuk mempromosikan situsnya dengan memanfatkan situs social networking seperti salah satunya dengan membuat sebuah halaman/page khusus di Facebook (atau yang biasa juga disebut Facebook Fanpage). Dan pihak Facebook sendiri memang memberikan kemudahan bagi para pemilik situs untuk membuat sebuah halaman di Facebook.

Buat para pemilik blog atau situs, mungkin sudah mengetahui beberapa layanan atau tools online untuk mengetahu perkiraan nilai sebuah situs (web valuer) atau pun perkiraan nilai domain (domain appraisal). Perkiraan nilai situs/domain tersebut bisa digunakan terutama oleh pihak tertentu yang berminat untuk membeli situs tersebut atau mungkin juga pemasang iklan.

Kini, selain adanya tools online untuk menilai sebuah situs/domain, telah muncul pula sebuah layanan untuk menilai sebuah halaman Facebook Fanpage, yaitu situs online bernama Vitrue Social Page Evaluator, dengan idiomnya: "how much is your facebook page worth?".

Mmm...

*


Dalam menentukan nilai (uang) sebuah Facebook Page, Vitrue mendasarkan pada beberapa kriteria berikut ini:

  • Posts per Day (jumlah post per hari)
    Penggemar Anda mungkin merasa bergairah dengan merek Anda, tapi mungkin itu tidak berarti mereka ingin News Feed Facebook mereka dibanjiri dengan update di bagian atas setiap jam. Post frekuensi juga dapat bervariasi tergantung pada industri merek Anda adalah bagian dari. Sebagai contoh, sebuah merek berita memposting lebih sering daripada sebuah restoran. Para pengguna mengharapkan posting lebih dari sebuah organisasi berita dari restoran mereka. Aturan praktis yang baik secara umum adalah 2-3 tulisan per hari.

  • Engadgement (keterlibatan)
    Engadgement mengukur seberapa tertarik konten Anda bagi para fans. Tergantung pada jenis konten yang Anda tawarkan, nilai ini bisa naik atau turun. Sebagai contoh, merek Anda mungkin tidak menghasilkan banyak konten audio atau video. Namun, Anda harus dapat menyertakan gambar dalam setiap posting, yang memberikan manfaat tambahan di Facebook (fungsi tambahan) selain dari yang lebih estetis secara umum.

  • Fan Count (jumlah penggemar)
    Bila Page anda mengikuti praktek-praktek terbaik untuk Facebook, anda tentu akan memaksimalkan nilai Page anda. Mencapai tujuan tersebut merupakan langkah penting dalam meningkatkan nilai Anda dari waktu ke waktu, tapi hal itu hanya sebagian saja. Bagian lain adalah Fan Count halaman Facebook Page anda. Berapa banyak orang "Like" halaman Anda, perhatikan konten Anda, dan berinteraksi dengan halaman Anda tergantung pada angka jumlah penggemar tersebut.


*


nilai-inimu-facebook-fanpage-sc.jpg

Setelah mencobanya, Vitrue memberikan nilai untuk halaman Facebook Page Inimu.com dengan data-data saat ini jumlah Fans 19, Page Posts 86, dan Interactions 10, ternyata nilai Page inimu.com adalah sebesar $205, atu kalo dirupiahkan sekitar 2 juta. Wew, ko lumayan ya? :lol:

Yah, nilai ini bolehlah buat iseng-iseng, walau pun keknya nggak terlalu akurat juga :D

Kalau berminat pingin tahu berapa nilai Facebook Page anda, silahkan kunjungi situs Vitrue.

Buat pemilik blog/situs yang belum membuat Facebook Page, silahkan buat di sini.

*


Emang bisa dijual :?:

.

No comments:

Post a Comment