Tuesday, May 11, 2010

[PICS-SLIDE] Visi Firefox 4: Super Cepat, Powerful, Memberdayakan User

Dewasa ini perang software browser penjelajah internet semakin memanas saja. Setiap browser yaitu Microsoft Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, Apple Safari, dan Opera Broser (sebenarnya masih banyak lagi loh software browser lainnya), terus berlomba-lomba memikat calon pengguna internet dengan memperbaiki dan menambah berbagai fitur dan fungsi baru yang semakin memanjakan penggunanya.

Mozilla Firefox sebagai salah satu browser yang paling populer saat ini juga tentu tak ketinggalan mempersiapkan berbagai fitur andalan agar tidak tergerus dengan persaingan aka perang browser ini.

Saat ini versi terakhir Firefox adalah versi 3.6 (tepatnya versi 3.6.3). Tadinya direncanakan bahwa setelah versi 3.6 ini akan disusul dengan versi 3.7, tapi ternyata para pengembang Mozilla memutuskan bahwa versi 3.7 akan ditiadakan, dan fitur-fitur yang disiapkan untuk 3.7 akan dimasukkan pada update untuk versi 3.6 (3.6.4 dan seterusnya).

Setelah versi 3.6, Firefox akan langsung meloncat ke versi terbaru rilis utama (major release) yaitu Firefox 4. Pada Firefox versi 4 inilah nantinya disiapkan berbagai fitur andalan agar browser Mozilla Firefox nantinya bisa menjadi pemimpin dan pemenang perang browser. Wew...

Truzz... fitur-fitur apa saja yang disiapkan untuk Firefox 4 ini?

*


Sebenarnya sudah banyak juga di berbagai situs/blog tertentu yang yang mencoba mengulas tentang rencana pengembangan fitur untuk Firefox 4.

Berbeda dengan kebanyakan pengembang software yang biasanya menyembunyikan rencana mereka terhadap fitur-fitur baru pada versi selanjutnya (mungkin takut dicuri oleh para pesaingnya :D), hari ini (10/05/2010 waktu Amerika sono) pihak Mozilla selaku lembaga pengembang browser open source Firefox justru mengumumkan melalui blog resminya, seperti apa sebenarnya rencana pengembangan Firefox 4 ini.

Ada tiga kata kunci utama sebagai pegangan para pengembang Mozilla untuk bisa meningkatkan performa, fitur, dan keunggulan Firefox 4, yaitu fast, powerful, empowering:

  • Fast
    Membuat Firefox jadi browser yang super-duper (cepat).

  • Powerful
    Kemampuan untuk menggunakan teknologi web terbaru termasuk HTML 5 dan teknologi lainnya.

  • Empowering
    Menempatkan pengguna pada posisi dimana pengguna bisa melakukan kontrol penuh terhadap browser, data, dan pengalaman penjelajahan web mereka.


Biar semakin penasaran, ini gambar-gambar rencana wujud Firefox 4. Tapi ini tentunya masih berupa rencana yang kemungkinan masih akan berubah.

firefox-4-mock-up-sc-web.jpg

visi-firefox-4-slide-sc-web-01.jpg

visi-firefox-4-slide-sc-web-02.jpg

visi-firefox-4-slide-sc-web-03.jpg

visi-firefox-4-slide-sc-web-04.jpg

*



Video Slide Presentasi Firefox 4




*


Wow... kelihatannya bakal dahsyat ni... Seperti apa nanti kenyataannya? Ya kita tunggu aja nanti peluncuran resmi versi final dari browser Firefox 4 ini. Kemungkinan sih baru akan diluncurkan akhir tahun 2010 ini.

*



UPDATE: Download Browser Mozilla Firefox 4 Beta


Saat ini (2010/09), Mozilla telah meluncurkan versi beta browser Firefox 4. Ini screenshotnya:

firefox-4-beta.jpg


Download Firefox 4 Beta


download-firefox-4-beta.png


.

3 comments:

  1. Mengamankan pertamax dulu,,
    masih ada untuk mobile browser spti skypie, ucweb ama teashark . .

    ReplyDelete
  2. mozilla nya ringan gak 8) kayak chrome :wink:

    ReplyDelete
  3. KALAU BISA LOADINGNYA GAK PAKEK.......!!!!!!! :-P

    ReplyDelete