Monday, April 11, 2011

[TUTORIAL] Cara Memunculkan Tombol Google +1

Apa itu Google +1 (Google Plus One, atau boleh juga disebut Google Tambo Cie' :lol:)?

Google +1 adalah sebuah fitur baru Google yang merupakan peran serta Google di bidang social media online di internet, dalam bentuk sebuah tombol rekomendasi pada hasil pencarian (SERP) Google.

google-plus-one-inimu.png

Google +1 ini kira-kira seperti tombol Facebook "Like" yang biasa kita lihat di berbagai situs internet. Jadi, tombol +1 Google ini merupakan semacam tombol share untuk merekomendasikan halaman web di hasil pencarian Google kepada teman-teman kita (tentunya kepada sesama pengguna yang memiliki akun Google.

Bila kita sedang login menggunakan akun Google dan mencari sesuatu di Google, tombol Google +1 akan terlihat di samping setiap halaman web yang muncul di hasil pencarian Google.

Namun, fitur Google +1 saat ini masih dalam tahap ujicoba atau experimental, dan kita harus mengaktifkannya terlebih dulu yaitu dengan cara ikut serta atau berpartisipasi dalam fitur Google Experimental Search.

Berikut ini adalah sedikit tips cara memunculkan tombol +1 di Google Search.




  1. Login ke akun Google (atau login di Gmail, Blogger, atau layanan Google lainnya).

  2. Buka halaman Google Experimental Search di sini.

  3. Pada halaman Google Experimental itu di bagian "+1 button", klik tombol bertuliskan "Join this experiment", maka tombol +1 seharusnya menjadi aktif.


google-experimental-page-plus-1.png

Untuk mencobanya, silahkan cari sesuatu di halaman Google Search, maka tombol Google +1 akan muncul di samping halaman web yang tampil halaman hasil pencarian Google.

Semoga berguna.

.

1 comment: