Tuesday, April 5, 2011

[TIPS] Mempercepat Firefox: Matikan Add-ons yg Memberatkan

Pihak Mozilla merilis sebuah halaman web yang menampilkan kinerja add-ons, untuk membantu pengguna mengetahui add-ons / extension apa saja yang lambat / berat, yang akibatnya bisa memperlambat kecepatan browser Mozilla Firefox terutama saat start-up.

Add-ons atau extension (tools tambahan yang diinstall di browser) memang sangat membantu pengguna browser karena bisa menambah fitur dan kemampuan browser sesuai keperluan penggunanya.

Walau begitu, bila kita install banyak add-ons, kecepatan Firefox menjadi berkurang, bahkan memperlambat dan memberatkan kinerja browser secara keseluruhan, yang ujung-ujungnya bisa mengganggu kita ketika melakukan aktivitas browsing internet menggunakan browser Mozilla Firefox.

Browser Mozilla Firefox 4 yang baru saja dirilis, dengan fitur terbaru salah satunya peningkatan yang signifikan dalam hal performance atau kecepatan saat membuka browser atau pun membuka halaman web, tentunya juga terpengaruh kecepatannya dengan banyaknya add-ons yang terinstall.

Sehubungan dengan itu, pihak Mozilla baru saja merilis sebuah halaman di situsnya yang memperlihatkan add-ons apa saja yang dinilai lambat terutama saat start-up (membuka browser), yang akibatnya memperlambat kecepatan browser Firefox saat dibuka atau dijalankan. List atau daftar add-ons yang ditampilkan diurut berdasarkan data persentase kelambatan add-ons tersebut saat proses start-up.

firefox-slowest-start-up-add-ons.png


Buka halaman performance add-ons Firefox di sini.


Performance add-ons yang ditampilkan di situs Mozilla itu cukup membantu kita untuk mempertimbangkan apakah kita memang benar-benar perlu menginstall add-ons tertentu, dengan konsekuensi akan memperlambat kinerja browser.

Sebagai informasi, rata-rata setiap add-ons yang aktif mengakibatkan browser Mozilla Firefox jadi lebih lambat 10% (ukuran rata-rata). Jadi apabila ada add-ons aktif sebanyak 10 buah maka browser Firefox kira-kira akan lebih lambat dua kali lipat bila dibandingkan tanpa add-ons.

Jadi, salah satu tips atau cara mempercepat Firefox adalah dengan cara disable add-ons yang tidak terlalu sering kita gunakan (apabila sudah terinstall), atau kalau perlu di-uninstall, karena semakin banyak add-ons yang terinstall atau aktif maka semakin lambat kinerja browser.

Atau, bila memang memerlukan banyak add-ons tapi tidak ingin terlalu memberatkan, alternatif adalah silahkan buat Profile yang berbeda-beda sesuai keperluan, misalnya membuat Profile untuk keperluan browsing biasa, Profile untuk web development, dll, agar bisa install add-ons berbeda pada Profile yang berbeda-beda itu. Cara membuat Profile Firefox silahkan lihat di sini.

.

2 comments: