Saturday, December 18, 2010

Fitur Baru Blogger: Mobile Template

Perlahan tapi pasti :D, Google semakin menyempurnakan blogging platformnya, Blogger aka Blogspot. Kembali Blogger merilis fitur terbaru yang sebenarnya sudah cukup lama ditunggu-tunggu oleh para penggunanya, yaitu dukungan terhadap platform browser mobile untuk ponsel berupa Mobile Templates.

Blogger Mobile Templates


Dengan fitur template untuk mobile device ini, blog berplatform Blogger akan secara otomatis menampilkan versi mobile bila dibuka menggunakan browser di ponsel / smartphone.

Fitur mobile template saat ini masih dalam tahap beta (uji coba), dan baru bisa diaktifkan melalui Blogger in Draft. Jadi untuk menggunakannya, silahkan login ke Dashboard Blogger melalui situs Blogger in Draft (http://draft.blogger.com).

Sebagai catatan, untuk selalu mendapatkan fitur terbaru di Blogger in Draft, silahkan centang opsi bertuliskan "Make Blogger in Draft my default dashboard." di bagian kanan atas Dashboard Blogger in Draft.


Ketika pertama kali masuk Dashboard Blogger in Draft, akan terlihat notifikasi untuk mengaktifkan fitur Mobile Templates. Silahkan aktifkan dengan cara klik tombol bertuliskan "Turn on mobile templates".

blogger-mobile-template-01.png


Kita bisa lihat setting mobile templates ini di bagian Setting => Email & Mobile. Di situ juga disediakan tombol untuk preview tampilan mobile blog kita.

blogger-mobile-template-02.png


Fitur mobile templates yang masih dalam tahap beta pada saat ini, baru mendukung browser mobile berplatform WebKit seperti Android dan iOS. Tentunya untuk tahap final nanti fitur ini bisa mendukung semua platform mobile.

Bila kita membuka blog Blogger di ponsel, secara otomatis tampilan tema versi mobile akan menyesuaikan dengan tema yang kita pilih menggunakan Template Designer. Namun untuk tahap beta ini, belum semua tema akan disesuaikan tampilan mobilenya, untuk sementara hanya tersedia untuk template Simple dan Awesome. Sedangkan untuk template lainnya, tampilan mobilenya secara otomatis akan menggunakan tampilan Simple.

blogger-mobile-template-03.png


Sebagai contoh, silahkan buka alamat bloggerdemo.inimu.com di ponsel :D

.

7 comments:

  1. saya senang bisa baca baca di blog anda

    ReplyDelete
  2. terima kasih infonya!!!!!
    tapi sayangnya contoh nya gk bisa dibuka . :cry:

    ReplyDelete
  3. untuk template blogger yang lain bisa juga mas, saya coba oprek pake kombinasi script user agent yg diredirect ke tampilan mobile blogger dan alhamdulillah support jg untuk opmin :)

    ReplyDelete
  4. Saya sudah praktekkan di blog saya http://www.dennisfrea.co.cc Lumayan kerenlah hehe

    ReplyDelete
  5. Saya dah pake,tapi kok di hp saya BB 9700 tetap gak berubah tampilannya?masih spt di kompi! :cry:

    ReplyDelete