Friday, December 10, 2010

Until Jump Break, Fitur Baru Pengaturan Konten Feed / RSS di Blogger

Media Feeds aka 'umpan' merupakan salah satu media yang digunakan para pemilik blog atau pun  untuk mendistribusikan konten artikel blog, agar para pembacanya dengan mudah mengikuti update terbaru artikel blognya.

jump-break-feed-blogger.png


Secara default, di dalam platform blog sudah terintegrasi fitur feed, baik dalam bentuk konten artikel penuh atau pun sebagian saja. Untuk mendapatkan update artikel terbaru, pengunjung cukup melakukan subscribe melalui berbagai feed reader seperti Google Reader atau pun pembaca RSS lainnya.

Hari ini Blogger, platform blog kepunyaan Google yang cukup populer, kembali merilis sebuah fitur baru yang semakin melengkapi pengaturan konten feed tersebut. Kalau sebelumnya batas konten feed di Blogger/Blogspot hanya bisa diatur dalam bentuk Short (ringkasan artikel berupa 400 kata pertama) atau Full (artikel penuh), kini pemilik blog di Blogger bisa mengatur batasnya secara lebih terkontrol, yaitu sampai bagian mana konten feed akan ditampilkan pada feed reader sesuai keinginan pemiliknya.


Fitur yang baru pada pengaturan feed ini adalah adanya penambahan opsi untuk mengatur konten blog sampai dengan tag 'Jump Break' aka read more, yang tentunya dapat diatur penempatannya sesuai keinginan ketika menulis aka posting sebuah artikel. Dengan begitu, bila pemilik blog ingin mendistribusikan konten blog berupa ringkasan, tidak lagi kaku hanya pada 400 karakter pertama sehingga lebih fleksibel tergantung isi dari artikelnya.
Untuk menggunakan opsi baru pengaturan konten feed di Blogger ini, silahkan login ke Blogger, lalu klik 'Setting', kemudian klik tab 'Site Feed'. Pada bagian 'Allow Blog Feed', pilih opsi bertuliskan 'Until Jump Break'.

Salam ngeblog(ger) :)

.

No comments:

Post a Comment