Tuesday, March 2, 2010

Multiple Email Addresses dengan Satu Akun Gmail/Yahoo!

[caption id="" align="alignleft" width="128" caption=" "]Google/Gmail dan Yahoo! Mail[/caption]

Buat anda yang sering menggunakan layanan email untuk komunikasi online dengan teman, rekan, atau siapa aja, mungkin anda punya beberapa email address a.k.a alamat surel (surel itu singkatan dari "surat elektronik", ini singkatan istilah bahasa indonesianya untuk email, siapa tau ada yang belum tau :) yang berbeda-beda untuk setiap keperluan tertentu, menggunakan beberapa akun berbeda-beda pula.

Tapi mungkin ada yang belum tahu, bahwa kita bisa membuat alamat email tambahan (multiple email addresses) dari satu akun saja di Gmail (Google Mail) atau Yahoo! Mail, atau kedua-duanya, yaitu dengan melakukan setting email alias atau juga penambahan alamat email dari satu akun email kita itu.

Apa aja bonus email alias/extra email address yang bisa kita buat dari satu akun Gmail/Yahoo! itu?

*


Gmail



Untuk setiap satu akun di Gmail, kita bisa punya banyak email address yang nantinya tetap masuk ke satu alamat sebenarnya. Misalnya kita punya alamat email sebenarnya di emailsaya@gmail.com, kita bisa membuat email address alternatif  lainnya dari alamat sebenarnya tersebut dengan cara:

  • Menambahkan karakter titik (.) diantara nama email, misalnya:
    email.saya@gmail.com
    e.mail.saya@gmail.com
    e.m.a.i.l.s.a.y.a@gmail.com, dll.

  • Menambahkan karakter plus (+) setelah nama email, misalnya:
    emailsaya+kantor@gmail.com
    emailsaya+teman@gmail
    emailsaya+ngaco@gmail.com, dll.

  • Gabungan penambahan karakter titik dan plus, misalnya:
    e.mail.saya+serius@gmail.com
    e.mail.saya+becanda@gmail.com, dll.

  • Menggunakan domain googlemail.com dan/atau dengan tambahan karakter titik/plus, misalnya:
    emailsaya@googlemail.com
    e.mail.saya@googlemail.com
    email.saya+beneranloh@googlemail.com, dll.


Bila ada yang mengirimkan email ke alamat email-email alias tersebut, nantinya semua masuk ke satu inbox email di alamat emal yang sebenarnya. Kalo untuk contoh di atas, nanti semuanya masuk ke inbox emailsaya@gmail.com sebagai alamat email yang sebenarnya.

Untuk membuat email aliases di Gmail tersebut, kita nggak perlu melakukan registrasi, bisa langsung aja kita gunakan atau kita kasih ke orang lain. Dan kita bisa buat terserah kita mau berapa banyak.

[caption id="" align="aligncenter" width="513" caption=" "]Google/Gmail email alias[/caption]

*


Yahoo! Mail





Untuk Yahoo! Mail, kita bisa punya tambahan satu extra email address. Iya, cuma bisa tambah satu extra email address aja dari alamat email aslinya, nggak bisa lebih. Tapi enaknya, extra email address ini bisa dibuat seperti alamat email yang benar-benar berbeda dari alamat email sebenarnya, jadi bukan terlihat seperti alamat email alias seperti di Gmail itu.

Misalnya, kamu punya akun di alamat emailsaya@yahoo.com, kita bisa punya tambahan extra email address yang namanya terserah kita, misalnya bisa pilih salah satu: buatkerjaan@yahoo.com, alamatsaya@yahoo.com, dll. Tapi ingat, cuma bisa tambah satu alamat email aja.

Untuk membuat extra email address di Yahoo! Mail ini kita perlu melakukan registrasi, karena harus di cek dulu apakah nama extra email address itu masih tersedia, atau sudah digunakan orang lain.

Cara menambahkannya, silahkan login ke Yahoo! Mail, kemudian pilih Email Option. Pada bagian bawah ada setting Extra Email Address, klik Get Started. Kemudian kita akan dibawa ke halaman untuk mengecek ketersedian nama email baru sebagai extra email address yang akan kita gunakan, dan bila sudah dapat, silahkan registrasikan.

[caption id="" align="aligncenter" width="540" caption=" "]Yahoo! extra email 01[/caption]

[caption id="" align="aligncenter" width="540" caption=" "]Yahoo! extra email 02[/caption]

Sama seperti Gmail, pesan-pesan email yang dikirim ke dua alamat di Yahoo! Mail itu yaitu emailsaya@yahoo.com (email sebenarnya) dan misalnya buatkerjaan@yahoo.com (extra email), nantinya masuk ke inbox email emailsaya@yahoo.com (inbox email sebenarnya).

*


*


Apa sih enaknya bisa punya alamat email alias atau extra email address?

Gunanya cukup banyak. Kita bisa daftar ke sebuah situs dengan alamat yang berbeda-beda. Misalnya, bisa gabung di forum tanpa menunjukkan alamat email kita yang sebenarnya, atau punya akun berbeda di situs seperti punya beberapa akun Twitter, beberapa blog di wordpress.com, atau kita kasih alamat email berbeda ke orang lain untuk tujuan berbeda seperti teman kantor, teman gaul, dlsb deh :D.

Dengan menggunakan email alias itu kita bisa mengecek email yang masuk ke alamat berbeda di satu akaun aja, jadi nggak perlu capek-capek musti login/logout keluar masuk hanya untuk mengecek berbagai surat masuk. Email yang masuk ke alamat yang berbeda-beda itu pun jadinya bisa dengan mudah kita buat filter (kita kelompokkan) supaya masuk ke folder/label tertentu.

*


Ngumpet :lol:

.

1 comment: