Sunday, May 1, 2011

[TRIK] Cara Menampilkan Konten RSS Secara Full di Google Reader

Buat para pengguna aplikasi pembaca RSS, seperti diketahui, banyak situs web terutama portal berita, yang tidak menyajikan atau menyediakan konten RSS secara penuh saat kita membukanya di aplikasi RSS reader seperti Google Reader, melainkan hanya menyajikan ringkasan artikel saja.

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, adakah cara membaca RSS secara penuh tanpa buka situs penyedia RSS itu, tapi cukup membacanya di aplikasi Google Reader? Jawabannya bisa, dengan tips praktis yaitu menggunakan extension atau addon untuk browser.

[caption id="" align="aligncenter" width="540" caption="Google Reader menampilkan entri RSS berupa ringkasan"]super-google-reader-chrome-feed.png[/caption]


Sekedar informasi buat yang belum tahu apa itu RSS, mungkin bisa dijelaskan sedikit. Salah satu cara paling mudah dan praktis untuk mengikuti perkembangan berita atau pun update terbaru dari sebuah situs online adalah dengan berlangganan RSS yang biasanya disediakan oleh situs berita atau blog. Kita bisa membaca update artikel yang disediakan menggunakan aplikasi pembaca konten RSS atau RSS reader, salah satunya adalah Google Reader, aplikasi online pembaca RSS dari Google.

Namun seperti yang disampaikan sebelumnya, tidak semua situs/blog menyediakan konten artikel RSS secara penuh (contohnya blog ini, hehe... ). Untuk bisa mendapatkan konten secara penuh tentunya kita perlu membuka situs tersebut, yaitu alamat URL artikel/berita yang ingin ditampilkan.

Untuk mengakalinya, kita bisa menggunakan sebuah extension atau addon bernama Super Google Reader, agar kita bisa mendapatkan konten RSS secara full, tanpa harus membuka situs yang bersangkutan. Mmm...

Bila kita sudah menginstallnya di browser, maka extension yang khusus digunakan pada aplikasi Google Reader ini akan menampilkan menu atau pun tab tambahan pada setiap artikel RSS, di mana kita bisa menampilkan RSS secara normal (Feed), konten secara penuh (Readable), atau bisa membuka artikel halaman tersebut langsung di dalam aplikasi Google Reader (Link). Semuanya dilakukan tanpa harus membuka situs penyedia RSS tersebut.




[caption id="" align="aligncenter" width="540" caption="Konten RSS full (tadinya hanya ringkasan) di Google Reader"]super-google-reader-chrome-readable.png[/caption]




[caption id="" align="aligncenter" width="540" caption="Konten situs langsung ditampilkan di dalam Google Reader"]super-google-reader-chrome-link.png[/caption]


Untuk browser Google Chrome, fitur yang disediakan extension ini cukup lengkap, yaitu selain terdapat tab khusus (tombol opsi Readable, Link, dan Feed), ada juga tambahan menu dropdown Super settings agar kita bisa menampilkan konten RSS secara full untuk setiap artikel, tanpa harus kita klik lagi tombol pilihan Readale atau Link. Selain itu juga akan ada tab khusus pada Google Reader Settings yaitu tab bernama Super, agar kita bisa mengatur secara permanan apakah konten RSS akan ditampilkan secara penuh atau tidak.

*



Download Gratis Addon / Extension Super Google Reader


Untuk saat ini, extension ini bisa diinstall pada browser Google Chrome/Chromium yang bisa digunakan langsung. Tersedia juga untuk browser Mozilla Firefox namun perlu extension tambahan lainnya untuk menggunakannya.

  • Untuk browser Google Chrome
    Silahkan langsung download Super Google Reader di sini.

  • Untuk browser Mozilla Firefox
    Sebelum install addon Super Google Reader, terlebih dulu kita harus install addon Greasemonkey. Selengkapnya silahkan baca petunjuknya di sini.


Untuk mencobanya, silahkan berlangganan RSS blog ini :D lalu buka salah satu artikelnya di Google Reader. Semoga berguna.

.

No comments:

Post a Comment