Thursday, March 10, 2011

[DOWNLOAD] Google Chrome / Chromium 10 Terbaru

Google kembali merilis versi terbaru software browser andalannya yaitu Google Chrome 10 Final (stable), tentunya dengan memberikan beberapa fitur, pengembangan, serta perbaikan dari versi sebelumnya.

google-chromw-10-screenshot-01.png

Browser Google Chrome terbaru ini diklaim semakin cepat dalam hal proses membuka sebuah halaman web, termasuk dalam menampilkan situs aplikasi web yang berisi software/script kompleks sekali pun, dengan peningkatan sampai dengan 60% lebih cepat dari sebelumnya.

Dari segi user interface atau tampilan, terdapat perubahan pada dialog Settings atau Preferences, yaitu tidak lagi menampilkan jendela terpisah tapi ditampilkan pada sebuah tab baru. Halaman Settings yang terlihat lebih fresh ini disajikan sedemikian rupa agar memudahkan pengguna Chrome untuk mencari dan mendapatkan item setting tertentu yang ingin diaturnya.

google-chromw-10-screenshot-02.png

Ada juga peningkatan dan pengembangan pada teknologi sandboxing untuk setiap tab halaman web. Hal ini terutama sangat berarti ketika kita membuka halaman web yang berisi konten flash atau plugin / script tertentu yang rumit yang bisa menyebabkan halaman web itu gagal di-load atau mengalami crash. Dengan teknologi sandbox ini, error atau crash yang terjadi pada tab tertentu itu dilokalisasi sehingga tidak mengganggu tab yang lain atau aplikasi browser Chrome secara keseluruhan.

Sebagai informasi, Google Chrome berbasis pada browser open-source Chromium. Perbedaan antara browser Chromium dan Google Chrome (selain sifatnya yang open-source) di antaranya adalah Chromium dianggap lebih menjaga privacy pengguna (better privacy protection) karena tidak berisi Google tracking.

*



Download Gratis Google Chrome / Chromium Terbaru


Google Chrome tersedia untuk OS Windows, Mac OS X, dan Linux, serta dapat diinstall untuk versi single user dan multi-user/enterprise (baca penjelasannya di artikel sebelumnya) dan juga versi portable untuk digunakan via USB flash disk.

  1. Single User (User Level)


  2. Enterprise / Multi-user (System Level)
    Download di http://www.google.com/chrome/eula.html?msi=true
    File: GoogleChromeStandaloneEnterprise.msi (ukuran file sekitar 20 MB).

  3. Portable version
    Download di sini.


Untuk browser Chromium (Chrome versi open-source) bisa download di sini.

*


Semoga berguna.

.

1 comment: