Wednesday, March 2, 2011

Bug di Gmail Sebabkan Hilangnya Email 150.000 User

Layanan cloud computing milik Google dikabarkan mengalami masalah yang menyebabkan sekitar 150.000 penggunanya kehilangan email atau secara misterius akun Gmail mereka jadi tidak aktif aka disabled.

gmail-button.jpg



Seperti diberitakan PC World, di halaman forum Gmail Help banyak pengguna yang melaporkan bahwa bug di Gmail dituding jadi penyebab hilangnya email, label, folder, dan juga setting Gmail. Saat pengguna yang akunnya terkena efek ini mencoba login, mereka malah mendapatkan pesan selamat datang seakan-akan mereka bukan pengguna Gmail. Pengguna lainnya mendapatkan akun mereka telah di-disabled. Emnurut situs Mashable, bug ini mengenai kurang dari 0.08 persen pengguna Gmail.

Belum jelas apakah Google benar-benar mampu mengembalikan akun / email yang hilang tersebut.

Menurut penjelasan di blog resmi Gmail, ternyata penyebabnya adalah bug yang terdapat pada update software storage. Karena adanya masalah ini, update tersebut langsung dihentikan dan dikembalikan ke versi lama. Engineer Gmail sedang berusaha untuk mengembalikan data email yang hilang tersebut baik menggunakan back-up di berbagai data center milik Google maupun backup yang disimpan pada media tape. Proses restore data ini disampaikan akan memakan waktu.

Nah lo... Google... ati-ati dong ah...

.

1 comment:

  1. lalu kalo email yang ada blognya yang hilang gimana yah...???? lebih baik pake ymail aja kalo gitu n pake engine wp.... gimana menurut mas..??

    ReplyDelete