Thursday, August 19, 2010

[DOWNLOAD] Kumpulan Software Backup Driver Gratis

computer pc hardware device driverSetelah sekian lama digunakan, terkadang kita merasakan bahwa sistem operasi aka OS Windows menjadi kurang nyaman dan 'bertenaga'. Hal tersebut bisa disebabkan banyak hal, seperti misalnya karena serangan virus, karena seringnya install/uninstall software yang meninggalkan bekas yang memberatkan kinerja Windows, atau karena sebab lainnya.

Bila sudah demikian, salah satu cara memperbaikinya adalah merefresh sistem operasi secara total aka instal ulang OS Windows. Tapi apabila kita lakukan instalasi ulang sistem operasi, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa software-software driver hardware (device driver) di komputer PC kita harus dipastikan tersedia. Sebab bila kita melakukan instalasi ulang sistem operasi, terutama bila kita menggunakan cara fresh install (bukan upgrade), software driver pada OS sebelumnya akan terhapus.

Ada beberapa software untuk backup driver hardware pada sistem operasi Windows dan juga bisa mengembalikannya (restore) driver tersebut pada sistem yang baru diinstal. Tapi walau begitu, ada baiknya kita memastikan dulu bahwa driver tersebut memang akan bisa digunakan pada sistem operasi yang baru, misalnya dengan melakukan cek dan mencari informasi secara online perihal kompatibilitas pada sistem operasi terbaru.

Berikut software utility untuk backup/restore device driver gratis yang bisa digunakan.

*



1. Double Driver


Anda tahu siapa pembuatnya? Sekedar catatan, Double Driver adalah software gratis buatan orang Indonesia yang sudah mendunia dan sudah mendapat banyak award. Tim pembuatnya: Budy Setiawan Kusumah, Derry Adrian Saleh, dan Glen Appleton. :D

Program ini simpel penggunaannya tapi cukup powerful untuk melakukan backup/restore driver.

01-double-driver.jpg


*



2. DriverBackup


Software gratis open source ini juga cukup mudah dan powerfull untu backup/restore driver.

02-driver-backup.jpg


*



3. DriverMax


Software ini tersedia versi free dan juga berbayar. Sebenarnya software ini lebih bertujuan untuk update driver secara online, meski bisa juga digunakan untuk backup driver yang sudah ada.

03-drivermax.jpg


*


Tambahan, bila anda mengalami kondisi di mana pada komputer anda ada driver yang tidak terdeteksi oleh OS Windows, coba lihat artikel ini: Software Pendeteksi Unknown Device.

Semoga membantu.

.

1 comment:

  1. wah thanks sob,ane dah donlot double drivernya,mantep tuh,barusan tak coba diwarnet,hehee...
    makasih ya reviewnya

    ReplyDelete