Thursday, June 10, 2010

[DOWNLOAD] Microsoft .NET Framework 4.0 (Apa Itu .NET Framework?)

Microsoft baru saja merilis versi terbaru Microsoft .NET Framework 4.0 untuk OS Windows XP, Vista, maupun Windows 7 (dan juga Windows Server).

Buat yang sering melakukan instalasi software atau program di OS Windows, kemungkinan pernah mengalami error atau pemberitahuan bahwa ada software tertentu (terutama software-software baru) yang tidak dapat diinstall karena pada sistem komputer yang digunakan belum terinstall komponen Microsoft .NET Framework. Biasanya software tersebut meminta kita untuk terlebih dulu memasang .NET Framework, barulah kemudian proses instalasi software tadi bisa berjalan.

Okelah kalau begitu :D mungkin ada yang ingin tahu lebih lanjut, apa sih sebenarnya .NET Framework itu? Secara singkat, mungkin bisa dijelaskan seperti berikut ini.

*



Tentang .NET Framework


Microsoft .NET Framework (dibaca Microsoft Dot Net Framework) adalah sebuah komponen kerangka kerja (framework) bagi software tertentu untuk bisa dieksekusi atau berjalan pada platform sistem operasi Microsoft Windows.

Framework .NET ini berfungsi untuk menterjemahkan bahasa pemrograman yang digunakan oleh software tersebut, di mana bahasa pemrograman yang dibuat untuk platform .NET ini bukanlah berupa bahasa pemrograman seperti sebelumnya yang bisa langsung dibaca oleh sistem operasi, melainkan harus diterjemahkan terlebih dulu, baru kemudian dieksekusi.

Bisa dibilang, .NET Framework adalah semacam layer atau pun jembatan penghubung antara software dengan sistem operasi (Windows).
Framework .NET seringkali juga dapat diartikan sebagai platform, yang merupakan suatu lingkungan terpadu untuk pengembangan dan eksekusi untuk berbagai macam bahasa pemrograman dan kumpulan library untuk bekerja sama membuat dan menjalankan aplikasi berbasis Windows yang lebih mudah untuk dibuat, diatur, didistribusikan, dan diintegrasikan dengan sistem jaringan lain. [Wikipedia]

Tujuan pemasangan engine .NET Famework ini diantaranya adalah untuk meningkatkan keamanan sistem operasi Windows, di mana sebuah software tidak langsung berinteraksi dengan sistem operasi, melainkan melalui penghubung terlebih dulu. Selain itu juga untuk memudahkan integrasi antar komponen dalam sistem operasi. Selain itu penggunaan .NET juga memungkinkan sebuah software untuk menampilan antar muka (user interface) yang lebih dinamis dan menarik.

Engine .NET Framework secara default sudah terinstal dalam OS Windows Vista (.NET 3.0) dan Windows 7 (.NET 3.5). Untuk Windows XP secara default memang belum dimasukkan, jadi kita perlu menginstallnya secara manual.

microsoft-dot-net-4-install-sc.png

*



Download Gratis Microsoft .NET Framework 4.0


Microsoft .NET Framework bisa diinstal pada Windows XP SP3, Windows Vista, OS Windows 7, dan juga Windows Server (2003/2008/R2).

Instalasi Microsoft .NET Framework bisa dilakukan secara online (harus terhubung ke internet saat proses instalasi) atau pun secara offline (dengan cara dowload terlebih dulu file versi standalone installer).

.

27 comments:

  1. laptop saya pake os windows xp professional sp2 ketika saya mau install visual studio 2008 gak mau jalan karena net frameworknya nolak diinstall mohon solusinya tq

    ReplyDelete
  2. kemungkinan windowsnya perlu diupdate (dgn automatic update bawaan windows)
    kalu nggak bisa juga, coba minta bantuan si adek saya ini (si google :lol: ):
    http://www.google.com/#hl=en&source=hp&q=unable+to+install+.net+framework&aq=f&aqi=g10&aql=&oq=&gs_rfai=&fp=e0fa4b5da4f245a4

    .

    ReplyDelete
  3. Windows saya sp2, trus saya mau instal suatu program eh..dia minta .net framework 3.5

    Kalau aku download v4.0 bisa gak mas, windows saya sp2 dan program itu minta v3.5 bisa jalan?

    Kalau g bisa, tolong dung mas,,dimana saya bisa download .net framework 3.5 offline instaler?

    ReplyDelete
  4. gan,, saya lagi jalani program nLite tp g bs.
    cz saya pke Windows xp sp 3...
    Klo pke NET.framework yang diatas bs g??? :-?

    ReplyDelete
  5. Mas, kalo misalkan aku ada masalah High Audio Definition itu knp ya?
    kalo aku liat di "device manager" High Audio Definition nya masih ada tanya seru kuning...
    dan suara/sound di com aku ga ada sama sekali.

    Mhon sekali bantuannya...
    kalo bs ke email saya aja dhany_saja007@yahoo.com

    uda puyeng ini 4 hari googling.... 8-O

    ReplyDelete
  6. baca ini:
    http://inimu.com/komputer/2011/08/11/download-kumpulan-software-pendeteksi-unknown-device/

    ReplyDelete
  7. http://download.microsoft.com/download/2/0/e/20e90413-712f-438c-988e-fdaa79a8ac3d/dotnetfx35.exe

    http://www.microsoft.com/download/en/details.aspx?id=22

    .

    ReplyDelete
  8. ya dicoba aja, kalo misalnya ga bisa berarti ga bisa kan? :)

    ReplyDelete
  9. :cry: :cry: :cry: :cry: jaringan lemodddd mamattttt

    ReplyDelete
  10. yang mau make blackberry desktop manager, khusu make microsoft net framework ini 8)

    ReplyDelete
  11. mas, proses instalasi online net.framework v4 untu windows 7 kok lemot banget ya?? knp? aq da pernah coba ampek 2 jam,, eh malah gagal...
    mohon pencerahannya....... thxq

    ReplyDelete
  12. gan,,klo windows xp sp2 bsa g diinstall net.framework 4...thanks..

    ReplyDelete
  13. thanks infonya, mulai ngerti dikit2, meskipun masih ada bingungnya hehe :mrgreen:

    ReplyDelete
  14. mas, saya instal printer canon pixma iP2700 series, tapi dak bisa ada komentar
    processing cannot be continued because the print spooler servise has been stopped. restart the computer to start the printer spooler servise and then try again.
    os saya windows 7 ultimate version 6.1.7601
    mohon pencerahan

    ReplyDelete
  15. Kalo pakai Windows XP, terus install ms net framework versi 4, apa masih perlu install versi-versi sebelumnya ya (1, 2, 3, 3.5, etc...)?

    thanks buat jawabannya, sukses selalu... :D

    ReplyDelete
  16. siiip dah.!!!
    ijin sedot gan. . .' :idea:

    ReplyDelete
  17. gan lam knal sbelum nya. mohon pencerahan d laptop saya wndows 7 ga bs install net firmware 4.0 keterangan install falied. mksh gan

    ReplyDelete
  18. Ketika saya Instal Netframework 4.0 (online) Windows XP Sp 2 ( Service Pack 2) Kok Muncul "BLOCKING ISSUES: Maksdnya apa ya?

    ReplyDelete
  19. Blocking Issues:

    You must install the 32-bit Windows Imaging Component (WIC) before you run Setup. Please visit the Microsoft Download Center to install WIC, and then rerun Setup.
    ADA YANG TAHU KENAPA

    ReplyDelete
  20. suruh install wic kali 8)

    ReplyDelete
  21. instal wc . . . . ?
    bukan kali . .
    itu masalah antivirus agan yang memakan sistem windows, jadinya ada file system yang corrupted. Ada registry yang hilang. Solusinya cari software registry detector (cari di google), jalankan. lalu download registry yang hilang tersebut, it works.
    misal masih belum beres, , instal ulang aza os nya, gak usah pasang antivirusnya. mending pakai deep freeze.

    ReplyDelete
  22. Saya make windows 7 entah bajakan entah asli saya kurang tau....saya da instal net firmwork v4 , tapi ternyata ga berhasil terinstal dan ada tulisan net firmwork do not installed becase HRESULT 0xc8000222. mohon solusinya gan...thanks

    ReplyDelete
  23. saya pakek windows 8 dan saya pakek net framework 4.0 pada saat menginstal object dock kok disuruh instal net framework yang versi 3.5 ( includes 2.0 and 3.0 ) padahal kan net framework 4.0 kan paling baru tapi kenapa harus yang lama ? tolong penjelasanya plizz

    ReplyDelete
  24. terimakasih atas info nya..saya hampir stress gara2 ga bisa install autocad 2012..ternyata gara2 belum diinstal ini.. :cry:

    ReplyDelete
  25. betul gan
    `The Windows Imaging Component (WIC) provides WIC-enabled applications to display and edit any image format for which a WIC-compliant CODEC is installed, and also to read and write metadata in image files. `
    downloadnya disini:
    http://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=32

    ReplyDelete
  26. Nurul HidayatullahJuly 12, 2013 at 3:53 AM

    Salam kenal mas.
    Kenapa pada saat saya Run Aplikasi Basic4Adroid kok muncul error seperti ini
    The Failed Application bla.... (0x0000135)
    mohon pencerahnnya.
    Terima kasih

    ReplyDelete